Tahun
1943-1945, Perang Dunia II. Setelah Jerman, Jepang menduduki tempat
kedua sebagai kekuatan militer. Negara-negara demokratis dalam waktu ini
dinamai oleh pers sebagai Negara-negara sekutu. Negara-negara
fasis-militer Jerman, Italia dan Jepang oleh pers dinamai dengan sebutan
As karena mereka membentuk as Berlin-Roma-Tokyo. Pada tahun 1943,
serangan besar-besaran pihak sekutu di Asia Tenggara membuat posisi
balatentara Jepang dari agresif menjadi defensif. Sikapnya terhadap
nasionalisme di Indonesia juga telah berubah, sehingga kaum nasionalis di Jawa dan Sumatra mendapatkan keleluasaan berpropaganda.
Hubungan laut antara balatentara Jepang di Asia Tenggara dengan Jepang manjadi sulit. Orang Indonesia,
melalui PETA mendapatkan latihan kemiliteran untuk menjadi perwira guna
mempertahankan tanah airnya dari serangan sekutu. Balatentara Jepang
sendiri ditarik ke garis depan. Sulitnya hubungan udara dan laut
mengakibatkan tentara Jepang tak lagi bisa mendapatkan wanita penghibur
dari Cina, Jepang dan Korea. Sebagai gantinya, para gaidis Indonesia dikirim ke garis depan sebagai wanita penghibur.
Wanita penghibur atau yang dalam isilah Jepang disebut Jugun Ianfu, merupakan bentuk penjajahan yang secara nyata dialami oleh kaum perempuan di Indonesia. Sebelumnya praktek Jugun Ianfu
ada di Indonesia, ternyata praktek tersebut juga berlaku diberbagai
Negara terutama Negara-negara yang menjadi koloni Jepang. Menurut riset
oleh Dr. Hirofumi Hayashi, seorang profesor di Universitas Kanto Gakuin, jugun ianfu termasuk orang Jepang, Korea, Tiongkok, Malaya (Malaysia dan Singapura), Thailand, Filipina, Indonesia, Myanmar, Vietnam, India, Indo Belanda, dan penduduk kepulauan Pasifik. Jumlah perkiraan dari Jugun Ianfu ini pada saat perang, berkisar antara 20.000 dan 30.000. Pengakuan dari beberapa Jugun Ianfu
yang masih hidup jumlah ini sepertinya berada di batas atas dari angka
di atas. Kebanyakan rumah bordilnya berada di pangkalan militer Jepang,
namun dijalankan oleh penduduk setempat, bukan militer Jepang.
Menurut riset Dr. Ikuhika Hata, seorang profesor di Universitas Nihon. Orang Jepang yang menjadi Jugun Ianfu ini sekitar 40%, Korea 20%, Tionghoa 10%. Dan 30% sisanya dari kelompok lain.
Di
Indonesia sendiri, para perempuan direkrut secara paksa, bahkan ada
pula yang diiming-imingi dengan janji-janji hidup yang enak, pendidikan
yang layak, dijadikan pemain sandiwara dan sebagainya. Bahkan para
tentara itu tak segan-segan menculik dan memperkosa gadis-gadis tersebut
di depan keluarganya. Sungguh ironis apa yang terjadi di Indonesia terutama bagi kaum wanita.
Praktek Jugun Ianfu yang terjadi di Indonesia
ternyata adalah suatu kesengajaan atau bagian dalam rencana menjaga
keefektifan dan kinerja para tentara Jepang dalam bertugas. Dimana
kepuasan seks tentara Akan mempengaruhi kinerja para tentara Jepang dan
apabila hal tersebut tidak dituruti maka para tentara Jepang akan
mengalami kemunduran. Pengerahan Jugun Ianfu yang diartikan
sebagai “budak seks” dilakukan secara gelap, di bawah tangan. System
rekrutmen yang tertutup ini tidak menggunakan pengumuman resmi.
Pemerintah militer Jepang menggunakan bantuan pejabat daerah seperti
lurah, camat dan melalui tonarigumi.
Mereka menawarkan, bahkan memaksa agar perempuan-perempuan belia ini
bersedia ikut dalam program pengerahan tenaga kerja, di samping dengan
ancaman juga dengan mendekati keluarga yang diincar. Seperti kesaksian mantan Jugun Ianfu
asal Jogjakarta, yang orang tuanya dipanggil pak lurah. Dikatakannya
anaknya bernama Suharti akan dididik, disekolahkan di Balikpapan dan
setelah lulus aka dipekerjakan di kantor. Namun, anak yang berumur 15
tahun ini dijadikan Jugun Ianfu selama enam bulan di Balikpapan, Kalimantan Timur.
Kaum perempuan yang menjadi Jugun Ianfu umumnya
berpendidikan rendah, bahkan ada yang tidak berpendidikan sama sekali,
dan buta huruf. Selain kebodohan yang dimilikinya, mereka juga berada
kedalam jeratan ekonomi yang membelit. Kebodohan dan kemiskinan membuat
mereka percaya begitu saja pada tawaran kerja yang cukup menjanjikan
yang tidak membutuhkan kehalian khusus seperti pambantu rumah tangga,
pelayan restoran atau pekerjaan apa saja yang hanya membutuhkan tenaga.
Rekrutmen Jugun Ianfu dapat juga dilakuakan melalui jalur hiburan dimana para seniman terlibat di dalamnya, seperti yang dialami oleh mantan Jugun Ianfu
dari Jogjakarta, Mardiyem. Seorang pemain sandiwara keliling dari grup
“pantja soerja” telah menjanjikannya menjadi penyanyi di Kalimantan,
sesuai dengan cita-citanya yang ingin membebaskan diri dari
lingkungannya sebagai abdi dalem (mengabdi pada keluarga
bangsawan Jawa) di daerah Suryotarunan. Selain itu, dokter dan para
pejabat baik rendah maupn tinggi, baik yang berpartisipasi langsung atau
tidak, dalam usaha pengumpulan dan pencarian tenaga kerja perempuan
yang akan dijadikan Jugun Ianfu. Mereka dianggap memiliki akses tersendiri pada kaum perempuan, baik di desa maupun di kota.
Kebanyakan kaum Jugun Ianfu
dapat digolongkan sebagai perempuan yang berasal dari keluarga
baik-baik. Di antara mereka ada yang masih gadis, bahkan ada yang di
bawah umur dan ada yang sudah bersuami dan mempunyai anak. Akan tetapi,
ancaman pihak militer Jepang yang kejam yang memiliki kekuatan senjata,
membuat mereka takut menolak atau melarikan diri pada saat mereka sampai
pada suatu tempat yang penuh dengan penderitaan fisik dan batin.
Penguasa militer Jepang mendirikan tempat-tempat yang dihuni Jugun Ianfu
di setiap wilayah komando militer dengan tujuan untuk mencegah
terjadinya pemerkosaan oleh tentara Jepang terhadap penduduk lokal,
menjaga moral tentara Jepang serta mencegah penyakit kelamin yang akan
melemahkan kekuatan militernya.
Para perempuan yang dijadikan Jugun Ianfu dimasukkan ke dalam rumah bordil a’la Jepang yang disebut Ian-jo,
antara lain terdapat dibekas asrama peninggalan Belanda, markas militer
Jepang dan rumah-rumah penduduk yang sengaja dikosongkan. Tempat-tempat
itu biasanya dijaga ketat oleh tentara Jepang. Setiap perempuan di Ian-jo
biasanya mendapatkan kamar dengan nomor kamar, bahkan namanya diganti
dengan nama Jepang seperti yang dituliskan di pintu kamar. Ian-jo pertama di dunia dibangun di Shanghai, Cina tahun 1932. Pembangunan Ian-jo di Cina dijadikan model untuk pembangunan Ianjo-Ianjo di seluruh kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia sejak pendudukan Jepang tahun 1942-1945 telah dibangun Ian-jo diberbagai wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Jawa, Nusa Tenggara, Sumatra, Papua.
Sebelum menjalani tugas sebagai budak seks ( Jugun Ianfu), perempuan-perempuan di Ian-jo
menjalani pemeriksaan kesehatan yang merendahklan martabat. Mereka
tidak bisa berbuat apa-apa ketika para petugas medis menyuruh mereka
membuka pakaian sampai akhirnya mereka telanjang bulat, lalu
menggerayangi tubuh mereka. Bahkan di antara mereka tidak berani
bertanya apalagi menolak, ketika vagina mereka diperiksa dengan
memasukkan alat terbuat dari besi panjang, dan jika alat ini ditekan,
bagian ujungnya akan mengembang dan dapat membuka vagina menjadi lebih
lebar. Melalui alat yang dinamakan cocor bebek, dapat diketahui apakah kemaluan calon Jugun Ianfu sudah terserang penyakit atau masih sehat.
Di Ian-jo
mereka mendapatkan pemerkosaan, suatu hubungan seks dengan secara
paksa, seperti yang dialami Mardiyem. Usianya baru 13 tahun dan belum
mengalami haid saat ia diperkosa untuk pertama kalinya oleh seorang Jepang berambut berewok. Ia adalah pembantu dokter yang memeriksa kesehatannya pertama di Ian-jo
Telawang. Siksaan berupa tamparan, pukulan, dan tendangan dilakukan
oleh tentara Jepang, apalagi mereka dalam keadaan mabuk. Jika kurang
puas dengan pelayanan Jugun Ianfu, mereka melakukan cara-cara
tidak manusiawi yang biasa dilakukan oleh binatang dan tentunya tidak
dapat diikuti oleh Jugun Ianfu baik karena faktor tenaga maupun etik.
Para Jugun Ianfu hanya
pasrah dalam menjalani penderitaan hidup karena mereka tidak punya
pilihan lain. Kesempatan melarikan diri tidaklah mungkin karena jarak
perjalanan pulang jauh, apalagi mereka buta tentang pengetahuan peta,
dan mereka pun tidak mempunyai uang untuk bepergian meski di Ian-jo berlaku sistem pembayaran.
Setiap tamu baik kalangan militer maupun sipil datang ke Ian-jo
harus antre untuk mendapatkan karcis dan kondom. Namun, sebagian besar
pengunjung tidak mau menggunakan kondom karena menurut mereka dapat
menggangu kenikmatan hubungan seksual mereka. Adapun besarnya pembayaran
untuk tiap waktu berbeda. Jika kalangan militer berkunjung ke Ian-jo
pada siang hari dikenakan biaya 2,5 rupiah, sedangkan untuk kalangan
sipil 3,5 rupiah, dimulai pada sore hari pukul 17.00-24.00, dan tamu
menggunakan jasa Jugun Ianfu sampai pagi membayar 12,5 rupiah. Meskipun berlaku sistem pembayaran, Jugun Ianfu tidak pernah menerima uang kecuali karcis dari tamu yang datang. Pengelola Ian-jo, Cikada, mengatakan agar karcis dikumpulkan, kelak dapat ditukar dengan uang jika mereka berhenti bekerja sebagai Jugun Ianfu.
Sebagian besar perempuan-perempuan yang berasal dari pulau Jawa yang dijadikan Jugun Ianfu seperti Mardiyem, Sumirah, Emah Kastimah, Sri Sukanti, hanyalah sebagian kecil Jugun Ianfu Indonesia yang bisa diidentifikasi. Masih banyak Jugun Ianfu Indonesia yang hidup maupun sudah meninggal dunia yang belum terlacak keberadaannya. Mereka
diperkosa dan disiksa secara kejam. Dipaksa melayani kebutuhan seksual
tentara Jepang sebanyak 10 hingga 20 orang siang dan malam serta
dibiarkan kelaparan. Kemudian di aborsi secara paksa apabila hamil. Banyak perempuan mati dalam Ian-jo karena sakit, bunuh diri atau disiksa sampai mati.
Setelah perang Asia Pasifik usai Jugun Ianfu yang masih hidup didera perasaan malu untuk pulang ke kampung halaman. Mereka memilih hidup ditempat lain dan mengunci masa lalu yang kelam dengan berdiam dan mengucilkan diri. Hidup dalam kemiskinan ekonomi dan disingkirkan masyarakat. Mengalami penderitaan fisik, menanggung rasa malu dan perasaan tak berharga hingga akhir hidupnya.
Kaisar Hirohito merupakan pemberi restu sistem Jugun Ianfu ini diterapkan di seluruh Asia Pasifik. Para
pelaksana di lapangan adalah para petinggi militer yang memberi komando
perang. Maka saat ini pihak yang harus bertanggung jawab atas kejahatan
kemanusiaan ini adalah pemerintah Jepang.
Pemerintah Jepang masa kini tidak mengakui keterlibatannya dalam praktek perbudakan seksual di masa perang Asia Pasifik. Pemerintah Jepang berdalih Jugun Ianfu dikelola dan dioperasikan oleh pihak swasta. Pemerintah Jepang menolak meminta maaf secara resmi kepada para Jugun Ianfu. Kendatipun demikian Juli 1995 Perdana Menteri Tomiichi Murayama pernah menyiratkan permintaan maaf secara pribadi, tetapi tidak mewakili negara Jepang. Tahun 1993 Yohei Kono mewakili sekretaris kabinet Jepang memberikan pernyataan empatinya kepada korban Jugun Ianfu. Namun pada Maret 2007 Perdana Menteri Shinzo Abe mengeluarkan pernyataan yang kontroversial dengan menyanggah keterlibatan militer Jepang dalam praktek sistem perbudakan seksual.
Ada
puluhan, bahkan ratusan perempuan korban penjajahan Jepang yang disebut
Jugun Ianfu di Indonesia yang sampai sekarang nasibnya tidak jelas.
Mereka tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah. Padahal, mereka
mendapatkan hak uang kesejahteraan dari Jepang. Uang
kesejahateraan yang tadinya mau diberikan kepada Jugun Ianfu, diambil
alih pemerintah melalui Departeman Sosial. Alasannya untuk melakukan
pengelolaan agar nantinya bisa untuk membela dan membantu korban Jugun Ianfu. Tapi konyol, bantuan tersebut tidak pernah sampai ke tangan korban Jugun Ianfu. Penyelewengan ini justru sangat membuat prihatin kehidupan para mantan Jugun Ianfu,
beban berat penderitaan masa lalunya ternyata hanya menjadi sebuah
kenangan yang bagi bangsa Indonesia saat ini mungkin tak ada nilainya,
padahal jika kita dapat belajar dari kehidupan mereka seharusnya
merekalah yang patut kita ke depankan karena merekalah pahlawan-pahlawan
bangsa kita sesungguhnya yang mempunyai peran yang vital bagi
Indonesia, meskipun dengan cara yang menyakitkan bagi mereka.
Seperti
apa yang disampaikan oleh Sastrawan, Pramoedya Ananta Toer, yang
berbunyi “kalian para perawan remaja, telah aku susun surat ini untuk
kalian, bukan saja agar kalian tahu tentang nasib buruk yang akan
menimpa para gadis seumur kalian, juga agar kalian punya perhatian
terhadap sejenis kalian yang mengalami kemalangan itu… surat kepada
kalian ini juga semacam protes, sekalipun kejadiannya telah puluhan
tahun yang lewat”
Semoga nasib para mantan Jugun Ianfu akan semakin membaik meski dukungan dari negara hanya buaian semata.
Sumber : Retno Galih - Kompasiana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar